7 Jenis Warna Darah Haid (Menstruasi, Datang Bulan) yang Perlu diketahui Wanita

7 Jenis Warna Darah Haid yang Perlu diketahui Wanita- Menstruasi, haid atau datang bulan merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi, baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.

Pada wanita siklus haid rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walau hal ini berlaku umum namun, tak semua wanita memiliki siklus haid yang sama. Darah haid juga memilik beberapa jenis warna yang memiliki arti masing-masing. Berikut ini penjelasannya!

jenis warna darah haid

7 Jenis Warna Darah Haid yang Perlu diketahui Wanita


1. Merah Muda

Menurut Margaret Romero, seorang tenaga medis dari New York, darah haid yang berwarna merah muda menandakan bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Selain berdampak pada siklus haid warna darah merah muda ini dapat memicu resiko osteoporosis.

BACA JUGA:
5 Penyebab munculnya komedo pada hidung

2. Merah Pudar Berair

Alyssa Dweck, dokter spesialis kandungan dari Mount Sinai School of Madicine New York menyatakan bahwa warna darah merah pudar menggambarkan bahwa tubuh sedang kekurangan nutrisi. Sedangkan jika tekstur darah haid tersebut berair maka kemungkinan anda sedang mengalami anemia atau kekurangan zat besi.

3. Warna Cokelat Tua

Warna cokelat tua pada darah haid ini diakibatkan karena kadar progesteron pada rahim rendah. Tapi, warna darah cokelat tua ini umum terjadi pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

4. Warnah Merah Stroberi

Jika darah haid berwarna haid dan memilik tekstur agak bergumpal seperti selai stroberi, ini tandanya ada ketidakseimbangan antara hormon esterogen dan progesteron. Jika, gumpalan tersebut cukup besar maka butuh penanganan khusus dan konsultasi dengan dokter.

5. Merah Tua Cranberry

Seorang wanita yang memilik darah warna merah tua cranberry baarti siklus haidnya sehat dan teratur. Semua organ bekerja dengan baik, esterogen dan progesteron pun seimbang.

BACA JUGA:
5 Jenis pengrusak ginjal

6. Warna Orange

Warna darah oranye ini umumnya terjadi karena darah haid tercampur dengan ciran dari leher rahim. Jika, kondisi ini berlangsung lama bisa jadi ini tanda dari indikasi infeksi leher rahim. Maka, lebih baik anda segera konsultasi dengan dokter.

7. Abu-abu agak Hitam

Waspadai, wanita yang memiliki warna darah abu-abu agak kehitaman ini bisa jadi sedang mengalami infeksi rahim. Mereka yang mengalami hal demikian harus segera konsultasi dengan dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Demikianlah jenis warna darah haid yang terjadi pada wanita. Semoga bermanfaat!

0 comments