Hindari! 5 Jenis Makanan Pengrusak Ginjal

5 Makanan Pengrusak Ginjal-Banyak orang yang belum mengetahui akan makanan-makanan apa saja yang dapat merusak ginjal. Sehingga mereka tetap mengkonsumsi makanan sembarangan tanpa memperhatikan kesehatan ginjal mereka.

Ada beberapa makanan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjalnya, seperti terserang penyakit gagal ginjal kronis hingga gagal ginjal akut. Kali ini saya akan membahas 5 jenis makanan yang dapat merusak ginjal, silahkan simak uraian berikut!

hindari 5 jenis makanan pengrusak ginjal

5 jenis makanan pengrusak ginjal


1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, baik itu yang menggunakan pemanis ataupun tidak dapat mengakibatkan batu ginjal. Menurut sebuah study menginformasikan bahwa terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan resiko kerusakan ginjal.

Oleh karenanya, kita disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih. Sebab air putih dapat menetralisir racun-racun yang ada didalam tubuh kita.

2. Pemanis Buatan

Pemanis buatan ini hampir sama bahayanya dengan minuman bersoda, dan resiko rusaknya ginjal pun besar apabila kita sering mengkonsumsi pemanis buatan ini.

Berdasarkan penelitian Julie Lin MD, MPH, FASN dan Gary Curhan MD, ScD, FASN dari Brigham dan Women's Hospital yang melibatkan 3000 wanita, disimpulkan bahwa, mengkonsumsi pemanis buatan yang terkandung didalam minuman bersoda, misalnya, dapat menurunkan fungsi ginjal 2 kali lipat.

3. Kafein

Kafein yang terkandung didalam teh, kopi, soda dan makanan lain yang mengandung kafein ternyata dapat membebani kinerja ginjal sehingga kinerja ginjal menjadi lambat.
Terlalu sering mengkonsumsi kafein akan meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes dan gagal ginjal.

4. Garam

Tanpa kita duga ternyata garam yang sering gunakan untuk perasa pada masakan kita bila dikonsumsi secara berlebih dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Hal ini diakibatkan karena ginjal akan merespon dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit dalam aliran darah, sehingga mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh.

5. Daging

Ternyata terlalu banyak dan sering mengkonsumsi daging dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Sebab, metabolisme protein yang terkandung didalam daging akan menambah beban kinerja ginjal dan alhasil ginjal akan kesulitan untuk menyaring limbah dari dalam tubuh kita.

Itulah 5 jenis makanan yang tak kita duga dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal kita. Semoga bermanfaat dan kita dapat lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

0 comments